gravatar

TANTRUM

TANTRUM


Tantrum merupakan salah satu Fase penting dalam masa kanak-kanak. Fase ini ditandai dengan seorang anak yang mulai ‘melawan’, ‘membangkang’ dan keras kepala mengikuti keinginannya sendiri. Tantrum adalah rasa frustrasi yang dirasakan anak karena dia tidak diperbolehkan mendapatkan atau tidak bisa mencapai sesuatu sehingga marahnya meledak. Dalam masa tantrum periode, secara psikologis anak mulai menerapkan apa yang dia sebut dengan menjadi lebih dewasa setelah selama ini nyaman menjadi bayi, itulah sebabnya seorang anak berusaha negosiasi dengan lingkungan tentang apa yang dia sebut dengan kemandirian dan kedewasaan. Anak-anak yang mengalami periode tantrum biasanya bertingkah laku bentuk tingkah laku:


* menangis

* menjerit

* melempar barang

* membuat tubuh kaku

* memukul

* berguling-guling di lantai

* tidak mau beranjak dari tempat tertentu


Masa ini akan terjadi berulang kali dan lama tidaknya masa ini tergantung kerja sama orang tua dan anak dalam mengolah emosi masing-masing pihak. Biasanya tantrum periode dialami anak saat anak menginjak usia 2 atau 3 tahun kemudian berulang kembali pada usia 5 tahun dan seterusnya. Umumnya orang tua yang kurang mengerti menganggap anak mulai susah diatur, melawan bahkan ada orang tua yang beranggapan bahwa ‘anakku punya attitude yang memalukan’. Âpa yang terjadi adalah orang tua mulai kehilangan kesabaran dan putus asa lalu memberi cap kepada anak misalnya, ‘anak bandel’, ’susah diatur’, ‘keras kepala’ dan cap negatif lain yang akan dibawa dalam memori anak selanjutnya.

Yang terjadi sebenarnya adalah, anak-anak mulai berinteraksi dengan emosinya yang semula masih bayi menjadi lebih dewasa dengan aturan2 yang membingungkan. Sedangkan anak-anak belum mampu mengontrol emosinya dan mengungkapkan amarahnya secara tepat. Tentu saja hal ini akan bertambah parah jika orang tua tidak mengerti apa yang sedang terjadi pada anaknya, dan tidak bisa mengendalikan emosinya karena malu, jengkel, dan sebagainya.

gravatar

ka'...klo dliad dlm perkembangan Tantrum ni masuk dLm fase apa ya...???..thanx